Berita : Empat Pendemo Diamankan dalam Pelantikan Anggota DPRD Jatim

Posted by Unknown Selasa, 15 Oktober 2013 0 komentar
Laporan:
 Diwarnai nyaris bentrok, upacara pelantikan anggota baru DPRD Jatim masa bhakti 2004-2009, Selasa (31/8). Insiden terjadi ketika sejumlah anggota Left Democratic Force (LDF) memaksa masuk ke halaman kantor Dewan dengan mendorong-dorong pintu masuk sehingga membuat pintu dari besi cukup berat itu nyaris roboh.

Surabaya, Pelita
Diwarnai nyaris bentrok, upacara pelantikan anggota baru DPRD Jatim masa bhakti 2004-2009, Selasa (31/8). Insiden terjadi ketika sejumlah anggota Left Democratic Force (LDF) memaksa masuk ke halaman kantor Dewan dengan mendorong-dorong pintu masuk sehingga membuat pintu dari besi cukup berat itu nyaris roboh.
Upaya petugas yang sejak pagi dengan ketat menjaga gedung DPRD, tidak dihiraukan. Akibatnya terjadi dorong-mendorong antara pengunjuka rasa dengan petugas. Puncaknya, karena mendapat perlawanan, petugas berusaha mengamankan pengunjuk rasa.
Kejar-kejaran di tengah jalan Indrapura pun berlangsung. Dalam kejadian tersebut sedikitnya empat demonstran diamankan ke pos jaga Satpol PP DPRD Jatim.
Peristiwa itu terjadi bersamaan waktunya ketika di ruang sidang utama DPRD Jatim, 100 anggota Dewan yang baru menjalani prosesi pelantikan dengan pengucapan sumpah dan janji. Pengucapan sumpah dan janji dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jatim.
Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jatim H Imam Utomo berikut anggota Muspida Jatim, pimpinan parpol/ormas. Sebelumnya, acara tersebut didahului dengan pemberhentian 100 anggota DPRD Jatim beriode 1999-2004.
Bersamaan waktunya, aksi unjuk rasa juga dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat. Diantaranya BEM ITS, BEM Unair, BEM Unibra, Masyarakat Bantuan Hukum (MBH) Jatim, KAMMI, IMM dan Forum Buruh Surabaya.
Kedatangan para demonstran ke kantor DPRD Jatim bertujuan menyampaikan aspirasi, terutama mengenai masalah pendidikan yang akhir-akhir ini membebani masyarakat. Khususnya, masyarakat miskin.
Mengejek petugas
Mengenai insiden yang sempat terjadi, Waka Polwiltabes Surabaya, AKBP Drs Bambang Sri Harwanto yang juga Kasat Gaspam menyatakan, meski demonstran sempat mengejek-ejek petugas untuk bisa masuk ke halaman DPRD Jatim, namun pihaknya tidak menghiraukannya.
"Kita cuma melihat dan itu memang pola pengamanan kita dalam menghadapi aksi unjukrasa kita pernah tidak melakukan kekerasan. Karenanya tidak seorangpun anggotanya yang dilengkapi pentungan atau senjata api", jelasnya.
Ia menyesalkan sikap pengunjukrasa yang memaksi untuk masuk ketika acara sedang berjalan, sebab untuk menerima aksi unjukrasa itu akan disediakan waktunya usai acara pelantikan. "Yang penting kan aspirasinya tersalurkan, dan untuk itu kan ada mekanismenya," tambahnya.
Usai acara pelantikan sejumlah perwakilan pengunjukrasa akhirnya memang diterima wakil beberapa anggota Dewan yang dipimpin oleh ketua sementara DPRD Jatim Drs H Fathorrosyid. Selain menyampaikan masalah pendidikan, wakil pengunjukrasa juga meminta para anggota Dewan menandatangani 'Kontrak Politik Dewan' berisi soal pendidikan. Enam anggota dewan yang baru langsung menandatangani kontrak politik sementara di luar ruang pertemuan enam anggota dewan lainnya juga ikut menandatangani.
Dalam dialog, anggota dewan yang baru saja dilantik, juga mendapat 'tugas' dari petani garam untuk memperjuangkan nasibnya akibat membanjirnya garam impor yang dulu dilarang masuk ke Jatim oleh gubernur. "Insya-Allah dalam dua minggu kedepan, masalah itu sudah akan kita bahas dengan gubernur," janji Fathorrosyid.
Sementara mengenai masalah dana pendidikan yang dituntut elemen mahasiswa, DPRD akan membahasnya sesuai mekanisme. "Pokoknya semua aspirasi akan kita perhatikan," tandasnya yang juga disetujui oleh Eddy Wahyudi dari Partai Golkar, Saleh Mukadar (PDI-P) dan anggota lainnya. (sub)

Sumber : http://www.pelita.or.id/cetakartikel.php?id=26299
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Berita : Empat Pendemo Diamankan dalam Pelantikan Anggota DPRD Jatim
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://leftdemocraticforce.blogspot.com/2013/10/empat-pendemo-diamankan-dalam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tweet Us!

You May See This !

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Left Democratic Force (LDF).